Buku Tamu

mengenal buah tin

BUAH TIN (FIG/ARA)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

?

Daun dan buah tin
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Moraceae
Genus: Ficus
Upagenus: Ficus
Spesies: F. carica
Nama binomial
Ficus carica
L.
Tin (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama ini diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig, sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin.
Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan.
 Sekarang dibudidayakan pula di Australia, Cile, Argentina, serta Amerika Serikat.
Habitus berupa pohon, besar dan dapat tumbuh hingga 10m dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping.
Bunga tin tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga
dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya.
Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran panjang tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak. Getah yang dikeluarkan pohon ini dapat mengiritasi kulit.

Buah tin yang belum ranum
Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sebagai sayuran.

 Kaitan dengan literatur

Di Al Qur'an, salah satu surat disebut dengan nama ini (QS Surat At-Tiin) karena Allah bersumpah atas nama buah/tumbuhan ini.
Share on Google Plus

About Syifa Herbalindo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger

BUAH TIIN YANG LANGKA

BUAH TIIN YANG LANGKA
Bagi anda yang brminat untuk membudidayakan buah tin bisa pesan bibit dengan varietas yang bermacam-macam,hub:0853 2393 5677

kunjungi Blog Bisnisku

Cari Blog Ini

KAMI MELAYANI PESANAN BIBIT BUAH POHON TIN,ZAITUN,DAN ANEKA MACAM BIBIT TANAMAN BUAH-BUAHAN DENGAN BERBAGAI MACAM VARIETAS UNTUK MELENGKAPI KOLEKSI TANAMAN BUAH ANDA.HUBUNGI:0853 2393 5677 (husain)
SAATNYA ANDA MERAIH PELUANG BISNIS YANG MENJANJIKAN..HUBUNGI KAMI SECEPATNTA DI 085323935677